Sabtu, 21 April 2012

sejarah singkat kepanduan dunia dan gerakan pramuka

bagi kawan blockerz yang suka kegiatan pramuka.kali ini saya akan memberikan secara singkat tentang pramuka...  selamat membaca
pendiri gerakan pramuka sedunia adalah LORD BODEN OF GILLWELL/dikenal sebagai BADEN POWELL. Pengalaman hidup beliau yang mengilhami para remaja inggris menjadi warga negara inggris yang baik. "Pembinaan inilah tumbuh dan berkembang menjadi gerakan pendidikan kepramukaan sekarang".
PENGALAMAN BADEN POWELL : Baden powell lahir tanggal 22 februari 1857 dari london. Nama sesungguhnya ROBERT STEPHENSON SMITH, sedangkan baden powell adalah nama ayahnya. Pengalaman** Baden powell yang berpengaruh pada kegiatan kepramukaan anatara lain:
a) Ditinggal mati bapaknya & mendapat pembinaan watak dari ibunya. Ibunya berhasil membina, mengembangkan kepramukaan dengan semangat, jiwa kasih sayang yang berkepantasan.
b) Laithan ketrampilan berlayar, berenang, berkemah, olahraga, dll dimulai dari kanak**nya.
c) Sifat baden powell yang selalu gembira, lucu, cerdas, suka main musik, sandiwara, olahraga, mengarang, dan menggambar.
d) Pengalaman di India sebagai pembantu letnan pada Resimen 13 kareleri berhasil mengikuti jejak kuda yang hilang & ditemukan dipuncak gunung serta keberhasilan melalui panca indra kumbal o'hara yang dibukukan dalam ketrampilan mencari jejak.
e)Pengalaman terkepung bangsa BOER di mafering (AFRIKA) dan kekurangan makan. Bagaimana bisa bertahan hidup & mengalahkan kerajaan ZULUdi Afrika serta mengambil kalung manik milik raja Dinizulu. Pengalaman tersebut ditulis dalam buku berjudul "Aids to scouting".

SEJARAH KEPRAMUKAAN DUNIA
  1. Pada awal tahun 1908 Baden powell menulis pengalamannya dalam buku berjudul "scouting for boys" yaitu organisasi untuk laki** dan usia penggalang disebut boy scout
  2. kemudian kepramukaan putri disebut "girl scout"
  3. Tahun 1916 membentuk Rover scout (pramuka penegak)
  4.  Tahun 1920 diselengarakan Jambore sedunia di area olimpiade london. Baden powell diangkat sebagai bapak pemandu sedunia (chief scout of the world) kelak jambore sedunia diselenggarakan 5 tahun  sekali.
  5. Tahun 1914 Baden powell mulai menulis petunjuk untuk kursus pembina pramuka
  6. Tahun 1920 dibentuk dewan internasional dengan 9 orang anggotanya & biro sekretarisnya di london
  7. Gerak pramuka Baden powell ditiru negara lain. Belanda mendirikan padunder & padvingerij seperti NIPV (Netherland Indische Padvinder Varagin) persatuan pandu** belanda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

bagi yang mau komentar silahkan ketik di kolom